KIBAS

 

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan menandatangani kesepakatan Program Adaptation Fund (AF) Kemitraan di Hotel Santika Pekalongan, Rabu (25/5/2022). Dengan ditandatanganinya perjanjian ini Rencana Aksi Daerah (RAD) mulai dilakukan.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE menyampaikan bahwa Kota Pekalongan sudah ada MoU dengan Kemitraan dan beberapa pertemuan sudah dilakukan. “Project pertama bantuan penanaman mangrove penanganan banjir dan rob sudah MoU, dan hari ini kick off penandatanganan kesepakatan. Mudah-mudahan momennya tepat melihat Kota Pekalongan sangat terdampak banjir dan rob,” tutur Aaf.

Aaf menyampaikan, Kemitraan serius menangani permasalahan di Kota Pekalongan karena ini project pertama mereka. Jika di Kota Pekalongan ini berhasil dapat dilanjutkan dengan project di kota atau kabupaten lainnya. “Mudah-mudahan program ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Aaf.

Sementara itu, Team Leader Program Adaptation Fund Kemitraan Jakarta, Dadang Hilman menjelaskan, sebetulnya kick off proyek ini sudah kami mulai sejak Juli tahun lalu. “Setahun ini kami mempersiapkan rencana jangka pendek dan menengahnya dan ini melalui proses penyusunan RAD,” beber Dadang.

Lanjut Dadang menerangkan, masing-masing OPD mendukung sesuai dengan tupoksinya, misalnya untuk DLH akan dibantu untuk penguatan sampah. Walaupun tak terkait langsung namun sampah itu menjadi permasalahan masyarakat Kota Pekalongan. “Kami melihat banjir tahun lalu disertai dengan sampah yang mengkhawatirkan,” tandas Dadang.

Diungkapkan Dadang, AF akan membantu membangun fasilitas yang direncanakan dengan yakni mengembangkan ekowisata. “Mudah-mudahan dapat dukungan banyak pihak menghadapi isu besar rob. Kami punya mimpi merehabilitasi kawasan mangrove PIM yang dijadikan ekowisata. Semoga selain berdampak dengan lingkungan juga mendukung ekonomi masyarakat,” pungkas Dadang.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)