KIBAS

Pameran Inovasi dan Kreativitas Kota Pekalongan Tahun 2023 yang mengusung tema “Aksi Adaptasi Perubahan Iklim” resmi ditutup oleh Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin, didampingi Ketua I TP PKK Kota Pekalongan, Hj Istiqomah, dan dihadiri oleh sejumlah perwakilan Forkopimda, kepala OPD, instansi terkait hingga ratusan masyarakat yang hadir, berlangsung di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Sabtu malam (22/7/2023).

Wawalkot Salahudin menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pameran ini dan animo masyarakat  yang telah berkunjung ke pameran ini sejak dibuka pada tanggal 20 Juli 2023 lalu. Menurutnya, dalam pameran ini, pengunjung telah menyaksikan beragam ide dan inovasi menarik yang dihasilkan oleh berbagai elemen masyarakat baik dari dalam Kota Pekalongan, hingga dari luar wilayah Kota Pekalongan. Hal ini cukup menjadi bukti nyata bahwa, semangat inovasi dan kepedulian terhadap perubahan iklim juga kelestarian lingkungan masih ada dan terus digelorakan.

“Ini adalah kerja besar untuk menyosialisasikan tentang adaptasi perubahan iklim. Kegiatan ini tentu saja bisa dijadikan sarana untuk mengundang masyarakat sekaligus sarana sosialisasi bahwa perubahan iklim itu nyata adanya dan mempengaruhi perubahan kondisi tempat tinggal masyarakat terutama mereka yang tinggal di pesisir Utara Pekalongan,” terangnya.

Melalui pameran ini, Wawalkot Salahudin berharap, kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih tentang urgensi perubahan iklim. Karena sejatinya perubahan iklim bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan, dan dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli dan turut bertindak secara aktif untuk menjaga lingkungan.

Lebih lanjut, ia menilai, dari pameran ini pun harapannya dapat menjadi momentum dari awal perjalanan panjang Kota Pekalongan dalam memperkuat kolaborasi dan sinergitas anatara berbagai dalam menghadapi perubahan iklim yang terjadi.

Pihaknya yakin, dengan kerja sama yang kuat mampu bersama-sama menciptakan solusi yang komprehensif dan efektif dalam menghadapi perubahan iklim.

“Sehingga, inovasi dan kreativitas dalam melakukan adaptasi perubahan iklim itu perlu dilakukan. Sebagai contoh, di Kelurahan Degayu, kita akan buat Wisata Kampung Apung, produk-produk tanaman bakau bisa dimanfaatkan menjadi olahan yang menarik dan memberikan kemanfaatan yang lebih besar. Pasalnya, lahan di wilayah Kota Pekalongan yang sudah terkena rob ratusan hektar, sehingga sangat sayang jika tidak dimanfaatkan,” tandasnya.

Pada penutupan pameran tersebut, Wawalkot Salahudin didampingi Hj Istiqomah dan Plh Sekda Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini juga menyerahkan sejumlah penghargaan dan hadiah pemenang lomba-lomba pendukung yang memeriahkan acara tersebut diantaranya lomba mural, lomba ecobrick, lomba stand terbaik, lomba band, dan sebagainya

kemitraan
Author: kemitraan