KIBAS

Pada 1 Oktober 2023, puluhan warga Kelurahan Panjang Wetan melakukan gotong royong serta pembagian tong sampah sebanyak 60 unit,. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Sosialisasi RAD-API (Rencana Aksi Daerah-Adaptasi Perubahan Iklim) Kota Pekalongan yang dilaksanakan oleh Kelompk Kerja Perubahan Iklim Kelurahan Panjang Wetan melalui dukungan KEMITRAAN.  

Kegiatan tersebut dipilih atas kebutuhan dasar prioritas yang mengacu pada dokumen RAD-API untuk meminimalkan banjir dan rob, dengan cara membersihkan saluran udara, mengelola sampah, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Lokasi gotong royong mencakup RW 1, 4, 5, 8, dan 9. Kegiatan ini juga melibatkan seluruh anggota Pokja PI, Lurah, LKK, RT/RW dan warga sekitar. 

Kartoyo, Lurah Panjang Wetan, mengatakan bahwa kegiatan aksi gotong royong ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi RAD-API yang dilaksanakan oleh Pokja PI. Beliau sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini karean mampu memberikan contoh bagi masyarakat lain untuk menumbuhkan kesedaran terhadap kebersihan lingkungan.