KIBAS

Kota Pekalongan, 1 Oktober 2023 POKJA PI Kelurahan Panjang Wetan memilih melakukan Aksi Gotong Royong dan pembagian tong sampah di beberapa RW Kelurahan Panjang Wetan. Kegiatan tersebut di pilih atas dasar kebutuhan prioritas yang mengacu pada dokumen RAD API (Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim) guna untuk meminimalisir banjir dan rob dengan cara membersihkan saluran air, mengelola sampah, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Lokasi yang menjadi sasaran yaitu RW 1, 4, 5, 8, dan 9 (Lokasi yang di anggap terlihat kumuh). Kawasan kumuh adalah sebuah kawasan dengan tingkat kepadatan populasi tinggi di sebuah kota yang umumnya dihuni oleh masyarakat miskin. Kegiatan ini turut melibatkan seluruh anggota POKJA PI, Lurah, LKK, RT/RW dan warga setempat.

Gotong royong adalah salah satu ciri khas yang masih melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Secara garis besar, gotong royong tertuang pada pancasila dalam sila ke tiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.

Kegiatan gotong royong bersih-bersih ini melibatkan minimal 20 orang yg terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu di lingkungan RW yg terlihat kumuh. Warga sangat berantuasias membersihkan sampah yang berserakan, saluran air, membuat lingkungan lebih terlihat rapih dan bersih. Serta melakukan pengolahan limbah sampah menjadi kerajinan.

Lurah Panjang Wetan Kartoyo, Amd. Mengatakan Kebersihan lingkungan itu perlu dijaga agar dapat meminimalisasi banjir yang sering terjadi di lingkungan kita. Ia pun meminta warga melakukan kegiatan aksi gotong royong secara rutin ini minimal setiap seminggu sekali.

“Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Kemitraan yang sudah menfasilitasi kegiatan Aksi Gotong Royong & pembagian tong sampah untuk warga di wilayah Kelurahan Panjang Wetan dan harapannya aksi gotong royong ini agar dilaksanakan secara rutin untuk meminimalisir banjir rob yang terjadi, serta warga dapat memanfaatkan tong sampah yang sudah diberikan membuang sampah sesuai dengan kriteria sampahnya ( organik & non organik).” Kata Kartoyo, Amd saat ditemui di Kelurahan Panjang Wetan, minggu pagi.