KIBAS

Banjir melanda Kelurahan Bandengan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Kamis (14/3/2024). Hujan deras yang terus-menerus menyebabkan air, membanjiri permukiman penduduk serta jalan . Sejumlah rumah terendam air, dan warga di beberapa titik terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Tim relawan dan petugas penanggulangan bencana dari pemerintah setempat telah dikerahkan untuk memberikan bantuan dan evakuasi kepada warga yang terdampak. Beberapa mushola, sekolah dasar, hingga aula kelurahan dijadikan sebagai tempat pengungsian.

Sementara itu, beberapa jalan utama di sekitar kelurahan tersebut juga tergenang air, menghambat akses transportasi dan mobilitas masyarakat. Menjadikan distribusi sembako di warung-warung pun terganggu.

Ketua RT 01/RW 06 Kelurahan Bandengan Djanu Prayogo mengatakan Kesulitan akses jalan mengakibatkan banyak warga yang tidak berangkat bekerja. Hal ini dapat menimbulkan ekonomi warga sedikit terganggu.

” Kami bersama petugas kelurahan sudah melakukan upaya menguras banjir menggunakan pompa air agar banjir di kelurahan Bandengan cepat surut dan warga dapat kembali bekerja dan memulihkan perekonomiannya.” ujarnya.