KIBAS

Pekalongan, 8 Juli 2024 – Camat Pekalongan Utara, Wismo aditiyo, S. Pt, M., Lurah Kandang Panjang Fauzan, Pokja Pi Kelurahan Kandang Panjang, dan Penyuluh Perikanan melakukan penebaran benih ikan nila secara simbolis di kolam seluas 400 meter persegi. Penebaran benih ikan sebanyak 3.000 ekor sebagai alternatif pemanfaatan lahan yang tidak produktif.

Penebaran tersebut merupakan yang ketiga, sebelumnya sudah dilakukan pada tanggal 26 April 2024 sebanyak 3.000 ekor dan 1 Juni 2024 sebanyak 1.400 ekor pada lahan tergenang lainnya. Pemanfaatan lahan tergenang merupakan upaya adaptasi perubahan iklim yang terjadi di Kota Pekalongan.

Camat Pekalongan Utara, Wismo aditiyo, S. Pt, M., mengatakan tebar benih ikan nila sebagai upaya adaptasi terhadap lahan yang tergenang. “Penebaran ikan nila diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

Penyuluh perikanan, Mohamad Wait, A.Md., mengatakan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan melalui penyuluh perikanan siap mendampingi bagaimana proses budidaya ikan nila dari awal hingga panen. “Jika terdapat kendala atau masalah dapat konsultasikan dengan kami, pada setiap kecamatan kami memiliki penyuluh-penyuluh yang bisa mendampingi budidaya ikan”.

DKP-Kontributor
Author: DKP-Kontributor