KIBAS

Musrenbangkel 2024

.: foto dan teks: Didi Mugitriman :.

Diskusi masih jadi cara efektif untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi. Mendengar dan mau menerima adalah kata kerja yang punya kekuatan ampuh untuk membuat diskusi berjalan baik, dan proses penerimaan aspirasi langsung dari yang terdampak pada tingkat akar rumput membuat semua kerja sekaligus kata kerja tadi mudah diterapkan. Pada terminology modern, orang-orang menyebutnya Bottom Up.

Hal ini yang bisa dilihat dari pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan. Delapan kelurahan dampingan Kemitraan dengan dukungan Adaptation Fund telah melakukan Musrenbang pada 26 dan 27 Januari 2024 yang lalu. Di diskusi yang dihadiri oleh seluruh warga dan perangkat kelurahan tersebut menghasilkan banyak aspirasi yang bisa diimplementasi untuk kehidupan sosial yang lebih baik.

Sesuai dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah. Selanjutnya, pada tingkat kelurahan, hasil musyawarah akan dibawa ke kecamatan hingga bermuara pada level kota. Proses menaikkan isu yang kontekstual jadi penting dan tersaring, sekaligus disesuaikan dengan anggaran dan sumber anggaran tersedia.

Pada Musrenbang kali ini, adaptasi perubahan iklim yang bisa dilaksanakan di Kota Pekalongan cukup terwakilkan namun tak terlalu signifikan. Usulan tentang adaptasi, baru terbatas pada meninggikan muka tanah di fasilitas umum seperti jalan raya. Kegiatan penguatan komunitas dan penguatan kapasitas dalam menghadapi dampak perubahan iklim belum jadi prioritas, tetapi sudah masuk kepada usulan.

Dari pandangan yang lain, peserta Musrenbang Kelurahan juga masih didominasi oleh laki-laki. Tercatat dari delapan kelurahan, 72 persen peserta adalah laki-laki dan 28 persen adalah perempuan. Namun, jumlah tidak menunjukkan tingkat keaktifan pada forum. Dari yang terlihat, perempuan lebih banyak mengeluarkan pendapat pada diskusi dan aspirasi untuk wilayah tinggalnya menjadi lebih baik.

 

kemitraan
Author: kemitraan