KIBAS

 

Kota Pekalongan dikenal dengan nama lain Kota Batik. Tapi, selain dikenal kota batik, di sini juga dikenal dengan kota tradisi yang punya beragam kegiatan budaya saat syawalan.

Tradisi Syawalan di Kota Pekalongan, seperti Pekalongan Balloon Festival dan Lopis Raksasa sudah tidak asing didengar oleh masyarakat. Berbagai rangkaian kegiatan tradisi syawalan di Kota Pekalongan dilaksanakan dari tanggal 11 – 17 April 2024.

Tempat pelaksanaan Pekan Syawalan juga dilakukan diberbagai tempat wisata yang ada di Kota Pekalongan. Seperti di Pasir Kencana. Syawalan kemarin menghadirkan hiburan seperti Devira Dangdut, Quenka, Emilian, DJ. Summer Dub, dan Elpe Entertainment.

Pekalongan Ballon Festival dilakukan tanggal 13, 14, dan 17 April 2024. Babak penyisihan grup A dilaksanakan tanggal 13 April 2024 di Lapangan Setono, penyisihan grup B dilaksanakan tanggal 14 April 2024 di Lapangan Sokoduwet, dan  Puncak Final Pekalongan Balloon Festival dilaksanakan tanggal 17 April 2024 di Lapangan Mataram. “Nggak usah jauh-jauh ke Cappadocia untuk nonton ballon, hehe”, ucap seorang pengunjung.

Tidak ketinggalan, Festival Pemotongan Lopis Raksasa, di Krapyak, Gg. 8. Merupakan tradisi turun temurun warga Kota Pekalongan saat merayakan Syawalan. Pemotongan Lopis Raksasa langsung dilakukan oleh Walikota Pekalongan, H. Achmad Afzan Arslan Djunaid, S.E., M.M. Pekan Syawalan di Pantai Slamaran dimeriahkan oleh Orkes Koin Kalong. Sore hari, Syawalan di Pantai Pasir Kencana dilaksanakan pengumuman pemenang Pekalongan Balloon Festival dengan hiburan dari Foya Koya.

Gimana? Asik kan Syawalan di Kota Pekalongan? Sampai jumpa lagi di Syawalan tahun depan.

Plesir Pekalongan Yuk!