KIBAS

Hujan deras yang terjadi sejak Rabu (6/03/2024) sekitar pukul 03.00 WIB hingga sore disertai pasang nya air laut membuat beberapa desa di Kota Pekalongan terdampak banjir.
Hujan lebat yang mengguyur setiap hari itu membuat beberapa pekerja harus diliburkan sementara. Hal ini diungkapkan Nur pemilik pembuatan dan percetakan sablon sarung di Krapyak, Pekalongan.
“Hujan yang turun tiap hari ini membuat sarung- sarung yang disablon tidak kering dan pekerja kesulitan karena area kerja yang tergenang air,” jelasnya, Jumat (8/03/2024).
Nur menjelaskan bahwa pekerja harus diliburkan sementara sampai cuaca dan kondisi kembali normal.
Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB) Kota Pekalongan yang telah mendirikan dapur umum di Gedung Olah Raga (GOR) Jatayu Pekalongan telah menyalurkan bantuan logistik mentah dan nasi bungkus.
Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Gunindyo menyampaikan informasi penyaluran bantuan logistik di Kota Pekalongan “Dapur umum dan penyaluran bantuan logistik yang dilakukan diharapkan dapat membantu masyarakat dalam kebutuhan sehari-hari sebagai dampak banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaannya,” ujarnya.
Tak hanya itu, Gunindyo menambahkan bahwa bantuan yang dikelola oleh Dinsos P2KB Kota Pekalongan juga akan dikoordinasikan kepada Dinas dan jajaran yang terkait untuk menindaklanjuti bentuk penurunanya ekonomi warga atas dampak perubahan iklim ini. “Pendistribusian yang tertata seperti ini harapannya dapat tepat sasaran, masyarakat dapat terlayani dengan baik,” pungkas Gunindy.