KIBAS

Pokja PI (Perubahan Iklim) Kelurahan Panjang Baru bekerja sama dengan Kemitraan Partnership mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik Rumah Tangga Menjadi Kerajinan Bernilai Jual. Pelatihan tersebut merupakan salah satu program kerja dari Pokja PI Panjang Baru yang diadakan di Aula Kelurahan Panjang Baru pada hari Selasa tanggal 26 Maret 2024. Peserta yang berpartisipasi dalam pelatihan sejumlah 30 orang dari berbagai macam perwakilan RW di wilayah Panjang Baru.

Staf Kelurahan Panjang Baru Puspaningsih mengatakan ibu-ibu yang terlibat dalam acara ini dari perwakilan RW sehingga diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini masing-masing perwakilan bisa membentuk kelompok per RW agar semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan limbah plastik rumah tangga ini.

Pokja PI Kelurahan Panjang Baru berkolaborasi dengan Rumah BUMN BRI Kota Pekalongan, memfasilitasi pelatihan pemanfaatan limbah plastik rumah tangga dengan mendatangkan pelatih dari Venti Craft yang sudah profesional dalam bidang kreatif. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada ibu rumah tangga bahwa limbah plasik dapat dijadikan ide kreatif kerajinan yang bernilai jual sehingga limbah sampah bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan sebagai upaya untuk mengurangi limbah plastik sampah rumah tangga yang semakin menumpuk serta menjadikan ibu rumah tangga lebih kreatif dan terampil dalam pembuatan bahan baku sampah sehingga bisa memperbaiki perekonomian.

Venti Craft mengajarkan kerajinan limbah plastik dengan teknik yang paling mudah untuk pemula, kerajinan dibuat seperti bentuk bunga menggunakan botol plastik dan limbah plastik rumah tangga yang sudah tak terpakai seperti plastik sabun, kopi, pewangi dan lain-lain.

“Pelatihan seperti ini dapat meningkatkan kreativitas ibu-ibu jadi kalau di rumah bisa juga di praktekkan sendiri, rencana kerajinan yang saya buat disini mau saya gunakan untuk hiasan dirumah. Kalau sudah semakin ahli dan hasilnya bagus, baru dijual” Menurut seli salah satu peserta  pelatihan.

Menggunakan limbah plastik untuk membuat produk bernilai tinggi tidak hanya membantu mengurangi jumlah limbah plastik yang mencemari lingkungan, tetapi juga memberikan peluang ekonomi kepada ibu rumah tangga.

“Harapan Saya masyarakat warga Panjang Baru bisa lebih kreatif dan memanfaatkan limbah rumah tangga menjadi produk nilai jual” Harapan dari Novianti  Fasilitator Rumah BUMN BRI Kota Pekalongan

Dengan pelatihan yang tepat dan dukungan yang berkelanjutan, ibu rumah tangga dapat mengubah limbah menjadi sumber penghasilan yang berkelanjutan dan memiliki dampak positif bagi lingkungan serta masyarakat di Kelurahan Panjang Baru..