KIBAS

Kota Pekalongan- Kemitraan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pekalongan melalui Program Adaptation Fund (AF) Pekalongan melakukan groundbreaking pembangunan infrastruktur, yaitu pembangunan breakwater atau pemecah gelombang. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Wali Kota Pekalongan H.A Afzan Arslan Djunaid, Direktur Eksekutif Kemitraan Indonesia, Laode M Syarif, perwakilan Provinsi Jawa Tengah, perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, perwakilan Forkopimda, yang berlangsung di Kawasan PIM Kota Pekalongan, Kamis (30/11/2023).

Walikota Pekalongan yang akrab dipanggil Mas Aaf mengaku hal ini adalah berkah bagi Kota Pekalongan atas kerjasama dengan Kemitraan melalui Adaptation Fund. Aaf juga menekankan kepada anak-anak muda, pegiat lingkungan, relawan dan semua pihak agar peduli terhadap lingkungan Kota Pekalongan.

“Ini lho dari luar Pekalongan saja peduli, Kalau dari luar saja peduli sedangkan masyarakat Kota Pekalongan tidak peduli ini kita malu. Mudah-mudahan bisa bersama sama mencegah dan mengurangi dampak signifikan dari perubahan iklim,” tambah Aaf.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Kemitraan Indonesia menjelaskan dalam proyek pembangunan breakwater (pemecah gelombang) ini sebagai upaya penahan sedimen mengingat di wilayah pesisir ini banyak pohon mangrove yang sudah besar pun mati. “Kalau naik dari laut, ketika kembali ke laut, sebagian sedimen bisa tertahan, dimana diharapkan akan berkurang arus gelombang air lautnya. Sehingga, mangrove-mangrove yang ada bisa tetap bertahan,” ungkap Laode.

Laode menambahkan, jika upaya ini sudah berhasil, maka akan ditambah dengan penanaman mangrove-mangrove yang baru. Selain itu, Kemitraan Indonesia juga akan memfasilitasi peningkatan pembaharuan maupun rehabilitasi MCK bagi warga Kota Pekalongan. “Kemitraan juga berupaya memfasilitasi program dari sisi sektor perikanan dan pertanian untuk membantu perekonomian warga sekitar, diantaranya di Kelurahan Kandang Panjang dan Bandengan,” tuturnya.

Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan