KIBAS

Perempuan Berdaya

.: foto dan teks: Didi Mugitriman :.

Cerita Kelompok Wanita Tani (KWT) “Kencana Jaya” mengelola Pertanian Kota sebagai siasat beradaptasi atas Perubahan Iklim dari Kelurahan Kandang Panjang, Kota Pekalongan.

Pada siang yang hampir terik, enam perempuan sedang bekerja menghargai waktu dan kemampuannya. Mereka berkelompok membuat usaha pertanian di lahan terbatas. Bahasa lain menyebutnya “urban farming” atau bertani di kota, bersiasat dengan ruang yang sempit, beradaptasi dengan perubahan iklim yang menggerus mata pencarian.

Kelompok Wanita Tani “Kencana Jaya” berada pada RT 02 RW 09 Kelurahan Kandang Panjang, Kota Pekalongan yang diketuai oleh ibu Dian Anggreini. Saat ini, jumlah anggota tercatat ada 30 orang yang terdiri dari perwakilan warga RT 01-04 di RW 09 Kandang Panjang. KWT ini terbentuk pada tahun 2014 berawal dari sosialisasi dan program oleh Dinas Pertanian dan Pangan (DINPERPA) Kota Pekalongan. Bantuan dana awal yang diterima sebesar 4 juta rupiah.

Dalam pemeliharaan dan perawatan kebun, Kencana Jaya membuat jadwal piket untuk menyiram tanaman setiap pagi dan sore, memangkas daun mati, membersihkan pekarangan, dan pada hari Sabtu dan Minggu dilakukan kerja bersama laki-laki di lingkungan RW 9.

Pada fase akhir, KWT memasarkan hasil pertanian ke warga sekitar dan bazar reguler kota pada Minggu pagi. Keuntungan dari penjualan tentu saja menjadi modal baru dan membiayai perawatan tanaman, pemeliharaan kebun sayur dan bunga, juga untuk konsumsi kerja bersama.

Harapannya, usaha-usaha baik ini tak menghianati proses. Setiap hasil akan berubah jadi berkah. Harapan lain dari pengelola ialah mempunyai pelanggan tetap dan dapat memasarkan hasil panen pada skala yang lebih luas lagi.

Perempuan berdaya, lingkungan sehat sejahtra.

kemitraan
Author: kemitraan