KIBAS

Pada awal bulan maret 2023, Kelurahan kandang panjang bersama KEMITRAAN – Partnership for Governance Reform mengadakan FGD (Focus Group Discussion) Gender di aula melati kelurahan kandang panjang. FGD ini diadakan untuk membahas isu-isu yang terkait dengan gender, antara lain Peran Gender, Kaitannya Gender dengan Perubahan Iklim, Kaitannya Gender dengan Program Pemberdayaan Masyarakat dalam sektor Ekonomi. FGD Gender ini dilaksanakan pada tanggal 3 maret 2023 dengan peserta perempuan (dihadiri oleh 16 orang) dan tanggal 4 maret 2023 dengan peserta laki-laki (dihadiri oleh 16 orang), dalam pelaksanaan kegiatan FGD tersebut sengaja dipisahkan antara laki-laki dan perempuan dengan harapan agar masing-masing peserta yang hadir supaya lebih terbuka dalam diskusi.

FGD Gender ini dihadiri oleh berbagai macam unsur peserta, mulai dari unsur Pokja Perubahan Iklim Kandang Panjang, Kelurahan, BKM, LPM, APSARA (Asosiasi Pemuda Salam Manis Raya), Perwakilan RW, PKK, Kelompok Wanita Tani dan Karang Taruna Kelurahan Kandang Panjang.

Acara dimulai dengan sambutan dari Lurah Kandang Panjang Bapak Amat Fauzan yang menyampaikan pesan agar semua peserta harapannya dapat mengikuti acara diskusi sampai dengan selesai dan dapat menyampaikan informasi tersebut kepada masayarakat lainnya. Kemudian pak lurah menyampaikan agar peserta lebih aktif dalam acara diskusi terarah tersebut, sehingga terkait hal-hal yang berhubungan dengan gender bisa semaksimal mungkin dapat disampaikan dan diskusikan dalam kegiatan ini.

Setelah Pak Lurah Kandang Panjang memberikan sambutan kemudian acara FGD dipandu langsung oleh Fasilitator Kemitraan kelurahan kandang panjang Syariful Mal. Pada waktu Fasilitasi kegiatan tersebut Fasilitator Kelurahan Kandang Panjang menggunakan metode dialog interaktif antara fasilitator dengan para peserta yang hadir.

Fasilitator mencatat semua masukan dan tanggapan peserta, serta memandu diskusi agar tetap pada topik yang relevan. Para peserta pun aktif berpartisipasi dalam diskusi, memberikan ide-ide yang kreatif dan solusi yang konkret untuk mengatasi masalah yang ada.

Acara FGD Gender ini berlangsung selama sekitar 2 jam. Setelah itu, fasilitator mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan memberikan kesimpulan dari diskusi yang telah dilakukan. Para peserta pun merasa terpuaskan dengan hasil diskusi yang telah mereka capai dan berharap adanya tindak lanjut dari hasil FGD Gender ini.

Dalam kesimpulannya, fasilitator menekankan pentingnya peran semua pihak dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan hak-hak perempuan. FGD Gender ini telah memberikan banyak masukan dan ide-ide yang berharga bagi kelurahan kandang panjang.

kemitraan
Author: kemitraan