KIBAS

Kota Pekalongan menjadi salah satu wilayah yang paling terdampak perubahan iklim, dari banjir, rob, penurunan tanah, kenaikan air laut dan masih banyak lagi. Mungkin saat dilihat dari luar, seharusnya kota Pekalongan menjadi salah satu wilayah yang paling butuh bantuan, apalagi saat bencana bisa sampai mingguan sampai bulanan dan bahkan ada yang hampir tiap hari terdampak banjir. Kondisi ini sangat mempengaruhi berbagai sektor seperti sosial, kesehatan, dan tentunya ekonomi. Namun dari semua keterbatasan tersebut, jiwa sosial masyarakat masih sangat tinggi dengan adanya berbagai kegiatan sosial, terutama saat bulan Ramadhan.

Berbagi nasi dan santunan anak yatim, menjadi hal rutin yang sudah dilakukan setiap tahun di kelurahan Panjang Baru. Tahun ini dilaksanakan tanggal 1 April 2023 yang bertepatan pada HUT Kota Pekalongan ke 117 bekerjasama dengan seluruh LKK Kelurahan, Babinsa, Babinkamtibnas, Kampus dan sekolah, kecamatan dan perwakilan masyarakat kelurahan Panjang Baru. Acara dimulai selepas Ashar dengan dimulai pembacaan Al Qur’an, Tahlil dan Doa bersama. Kemudian dilanjut dengan pembagian 20 bingkisan untuk anak yatim dari perwakilan tiap RT di kelurahan Panjang Baru sekaligus langsung turun ke jalan untuk membagi 117 nasi bungkus dan Takjil ke pengguna jalan sekitar Kusumabangsa. 

Acara ini mungkin termasuk sederhana, tapi proses sebelumnya sangat luar biasa dengan kolaborasi dan kerjasama multipihak, pengumpulan donasi dari LKK dan perwakilan masyarakat, proses pemasakan langsung dari masyarakat sendiri sampai pelaksanaan dibantu langsung oleh Polsek Pekalongan Utara dan Kecamatan Pekalongan Utara yang memang lokasinya berdekatan dengan kelurahan Panjang Baru. Kerjasama solid ini tidak mungkin bisa dilaksanakan secara kebetulan, butuh proses yang panjang dan lama. Ego masing-masing individua atau kelompok perlu ditekan bersama demi menyukseskan acara ini.

Hikmah dari acara ini, dalam kondisi apapun kalau memang sudah berniat melakukan hal baik, pasti ada jalan yang dipermudah. Kerjasama dan kolaborasi dengan siapapun sangat dibutuhkan didalam masyarakat karena bisa memberikan alternatif solusi dan mempermudah menyukseskan sebuah acara.

kemitraan
Author: kemitraan