KIBAS

Kelompok Wanita Tani (KWT) Kencana Jaya bersama Kelompok Kerja Perubahan Iklim (Pokja PI) dan warga RW 9 Kelurahan kandang panjang mengikuti kegiatan pelatihan hidroponik  yang bertempat di Mushola Al Muhajirin. Pelatihan hidroponik di kandang panjang merupakan kegiatan bagian dari aksi adapatasi perubahan iklim setelah adanya sosialisasi Rencana Aksi Daerah Adapatasi Perubahan Iklim (RAD API). Kegiatan ini disupport oleh kemitraan partnership yang diinisiasi Pokja PI Kandang Panjang berdasarkan hasil rapat koordinasi pada tanggal 20 Juni 2023 mengacu pada rencana kerja yang telah disusun di bulan januari 2023.

Lurah Kandang Panjang dan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan ikut serta hadir dan mendampingi kegiatan pelatihan ini. Dalam sambutannya,  lurah kandang panjang berharap pelatihan hidroponik bisa dimanfaatkan dengan baik dan dapat berkelanjutan. Jika warga masyarakat telah mengetahui cara bercocok tanam dengan metode hidroponik,  pasca panen warga dapat mengkonsumsi untuk kebutuhan sendiri dan menjual sayuran tersebut yang nantinya akan meningkatkan pendapatan warga masyarakat.

Bambang Kundar Eko dari Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Kabupaten Pekalongan menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan hidroponik ini. Dalam materinya dia menyampaikan mulai dari pengertian Hidroponik, sejarah hidroponik, kelebihan dan kekurangan bercocok tanam dengan metode hidroponik, bahan-bahan yang digunakan, system hidrponik dan terakhir ditutup dengan pembuatan instalasi hidroponik menggunakan rak pipa dan rak kayu media sterofoam.

“Hidroponik adalah suatu budidaya menanam dengan mamakai air tanpa memakai tanah dan menekankan penambahan kebutuhan nutrisi untuk tanaman,” tutur  Bambang Kundar Eko diawal penyampaian materinya.

Bambang Kundar Eko atau sapaan akrabnya pak eko menjelaskan dalam instalasi hidroponik di KWT Kencana Jaya terdapat 6 pipa paralon, yang masing-masing pipa dilubangi dengan jarak 20 cm sehingga 1 pipa terdapat 20 lubang, total untuk instalasi pipa menghasilkan 120 lubang. Sedangkan untuk instalasi media sterofoam ada 7 buah, di setiap sterofoam terdapat 5 lubang dengan jarak 15 cm sehingga untuk media sterofoam akan menghasilkan 35 lubang. Bibit yang diguanakan dalam pelatihan hidroponik ini adalah tanaman pakcoy yang nanti dapat dipanen setelah 30 hari.

kemitraan
Author: kemitraan